Senin, 14 September 2020

Apa itu Brand dan Branding?


Begitu sulitnya untuk tetap konsisten menulis. Semua ini ada dalam diri kita masing-masing apa yang menjadi impian. Seperti biasa kegiatan menulis bersama bapak AB Ibnu Solihin. Seorang founder motivatorpendidikan.com, motivator & Trainer, pembicara seminar parenting, konsultan Branding Sekolah, Dosen Blogger Pendidikan, Pegiat Pendidikan dan ayah dua 3 orang putri dan 1 putra.

 Berikut link profil bapak Namin AB Ibnu Solihin:  

Dunia training, social dan professional tidak asing lagi baginya, karir ini dirintisnya sejak sejak 15 tahun yang lalu, hingga ia mendirikan lebih dari 250 lembaga Pendidikan, Komunitas dan perusahaan di wilayah Indonesia.

Awal karirnya dimulai dari menjadi Office Boy di sekolah SMK, pada saat itu masih berstatus pelajar, hal ini dilakukan untuk melatih kemandirian dan mental agar tidak tergantung pada orang lain. Jiwa kemandirian telah dibangun sejak masih kelas 6 SD sampai kuliah berbagai aktivitas yang dilakukannya yaitu: berjualan ES Mambo, jadi tukang bongkar muat bata merah, menjadi kedai buku dan foto copy, menjadi penyiar radio, jurnalis tabloid, bahkan mendirikan sebuah EO yang bernama Semangat Promosindo.


Berikut ini link aktivitas Bapak AB Ibnu Solihin klik 


https://motivatorkreatif.wordpress.com/









 Bagiamana membangun Branding melalui Blog dan Media Sosial? 

Apa itu brand dan Branding?

Brand itu sama dengan merek bisa berupa tanda, symbol, desain, kata atau kombinasi sehingga dapat mengindefikasi dan membedakan antara produk dan jasa satu dengan yang lain.

 

Ada beberapa elemen penting dalam menentukan tingkat kepercayaan konsumen pada sebuah brand, yaitu:

1. Factor utama kesuksesan brand adalah janji yang diberikan sesuai dengan kenyataan dan jelas.

2. Mempunyai kpribadian khusus bagi pengguna brand

3. Unique Selling Proposition (USP). Dasar utama sebuah brand adalah untuk untuk membedakan perusahan produk atau layanannya dengan perusahaan lainnya.

 

Branding itu adalah proses atau strategi yang dilakukan untuk membangun hubungan dengan para pembaca blog atau media social yang kita miliki. Branding harus mempunyai target pasar, yang paling utama dapat memenangkan hati target pasar dan para pelanggan dapat melihat hal yang terbaik yang mampu memberikan solusi bagi konsumen.

 

Fungsi utama dari Branding adalah  dapat menanamkan image dan citra bagi masyarakat dan konsumennya, nilai jual produk, hingga sangat diperhatikan, dengan barnding diharapakan brand yang kita miliki mudah di ingat oleh konsumen dalam jangka waktu lama.

Secara detailnya fungsi branding adalah sebagai (1) pembeda, (2) promosi, (3) Pembangun citra, pemberi keyakinan, jaminan kualitas dan pratise, dan (4) pengendali pasar.

 

Dalam membangun sebuah bran dan branding kita harus dapat (1) kita harus mengetahun siapa target pasar audiens  dan komputitor, (2) kita harus menentukan focus dan karakteristik brand, (3) tentukan nama brannya, (4) slogan bran, (5) penampilan gaya brand, (6) desain logo brand, (7) kembangkan terus brand anda.

 

Berikut contoh membangun Bran dan Branding : Brand (merek) Blog dan Instagram Motivatorpendidikan.com

 

1.     Nama Blog dan Instagram : motivatorpendidikan.com

2.     Identitas (Logo dan tulisan dominan warna merah, yang mencerminkan nilai semat).


Berikut Link Materinya Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial:



Contoh Staregi yang dilakukan dalam membangun Branding Blog dan Instagram motivatorpendidikan.com dengan cara:


1. Membuat blog dan media social yang mudah dibaca dan diingat oleh orang lain yaitu: motivatorpendidikan.com

2. Mengisi konten blog dan media social dengan tulisan-tulisan yang berkaitan dunia Pendidikan, sehingga segmentasi jelas, bahwa pembaca yang berkunjung adalah mereka yang membutuhkan konten tersebut.

3. Membuat poster dan video yang berkaitan dengan motivasi Pendidikan

4. Membuat kaos yang bertuliskan motivatorpendidikan.com

5. Mengadakan pelatihan gratis dari motivatorpendidikan.com sebagai sarana memperkenalkan Brand (merek)

6. Mengadakan perlombaan menulis buku yang diselenggarakan oleh motivatorpendididkan.com

7. Membagikan secaara gratis ribuan video Pendidikan kepada flower atau peserta kegiatan seminar



Pada sesi terakhir bapak AB Ibnu Solihin berpesan untuk terus semangat dan teruslah menulis di blog. Karena uang dan popularitas akan kita dapatkan, seiring ketika kita sudah banyak berkontrobusi dalam tulisan diblog yang bias menginspirasi banyak orang. Jika hari ini orang belum mengenal tulisan kita, tetaplah semngat menulis, dengan semngat berbagi kebaikan.

4 komentar: