Sabtu, 19 September 2020

Berani Mencoba


 

Detik-detik trakhir kegiatan menulis group 15, Bersama OM Jay  yang selalui menginspirasi dan memotivasi untuk terus konsisten menulis. Group menulis bersama Om jay selalu menghadirkan para narasumber yang begitu menginspirasi penulis, salah satunya adalah Bapak Yulius Roma Patandean, S,Pd ditemani moderator ibu AAm Nurhasanah.

 

Bapak Yulius Roma merupakan salah seorang penulis yang behasil menerbitkan buku Bersama penerbit Andi. Menulis sebuah buku merupakan suatu hal yang sangat dibagnggakan terutama bagi penulis buku itu sendiri. Menulis dapat menyalurkan ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang dialaminya baik itu dalam bentuk fiksi dan non fikasi. Menulis juga merupakan di awali dengan pembiasaan diri, yang secara terus menerus akan menjadi budaya, sehingga akhirnya menjadi sebuah kebutuhan.

 

Kita harus selalu untuk mencoba memulai menulis. Apa yang terlintas dalam benak kita, yang terpikir oleh indra kita maka ltulislah dengan segera, jangan menunda-nunda waktu. Misalnya jika ingin menulis sebuah puisi maka tulisalah puisi itu sesuai apa yang dirasakan, sebab ruh sebuah puisi akan terlihat jika menulis sebuah puisi dengan hati. Menulis puisi dengan hati akan melahirkan sebuah amanat yang tersampaikan kepada pembaca. Jangan malu-malu untuk  mencoba setelah di coba maka lakukankanlah sehingga menghasilkan sebuah karya.  Sesuai dengan rumus yaitu COBA dan LAKUKAN.

 

Cobalah menularkan virus-virus menulis kepada rekan sejawat dan peserta didik. Apalagi dalam keadaan PJJ ini. Mari berkolaborasi dengan teman sejawat dalam memotivasi mereka untuk terus berkarya. Sejak masa pandemic para guru-guru mulai bangkit dan terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya dalam pembelajaran daring. Banyak plaform-plaform dan virtual yang digunakan dalam proses PJJ. Mulai dari menggunakan platform elearning dan virtual malah kadang kebanyak guru menggunakan kombinasi antara platform elearning dan virtual sebagai memotivasi para peserta didik untuk terus berkaya. Setiap tool yang digunakan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-maisng kepada peserta didik.

 

Menulis merupakan sebuah rangkaian kata yang menjadi sebuah kalimat. Berbagai cara yang harus dilakukan salah satunya dengan menggunakan tips yaitu dalam menulis mislanya dalam enam kata yang disatukan dengan kalimat yang saling berhubungan.Hingga menghasilkan sebuah tulisan yang menakjubkan, misalnya Cyber pedagogy.

 

Menulis sebagai budaya, awalnya kita harus memiliki komitmen dalam hati. Apakah tulisan ini akan selesai atau tidak. Bagaimana kita harus dapat membagi waktu untuk menulis, apakah itu pagi hari, sore, malam atau di waktu kita senggang. Menulis juga harus mempunyai jadwal ini merupakan sebuah komitmen. Jadwal menulis harus menjadi komitmen untuk menulis. Yang terakhir adalah sebuah target. Target merupakan siklus terakhir dari rangkaian kegiatan yang kita lakukan, apakah naskah akan siap 1 minggu, 2 minggu disesuaikan dengan komitmen yang telah ditentukan. Menulis memerlukan sebuah visi dan tujuan yang akan digapai. Jadi komitmen, visi dan tujuan merupakan rangkaian yang harus dipegang teguh dalam hal menulis. Terima kasih.

 

 

  

1 komentar: