Kamis, 17 September 2020

Guru Hebat Guru Menulis



Rasa bahagia pada hari ini bisa berbagi dengan para rekan-rekan guru di Provinsi Riau. Begitu indah, bahagia, dapat saling berkolaborasi, bergandeng tangan bersama dalam satu tujuan, demi memajukan pendidikan Indoensia. Walau  dalam keadaan negeri yang dilanda wabah pandemi ini. Jiwa semangat dan rasa karsa yang tinggi terlihat dari wajah-wajah rekan, sahabat guru yang selalu siap menerangi generasi bangasa. raga bersama jiwa tercurah pada mereka, bagaimana siap siaga dalam meningkatkan keterampilan walaupun dalam keadaan pandemi. Rekan sahabat guru, mereka tidak pernah memilah siapa yang mereka didik, malah kadang kala lebih mengutama anak didik dari pada keluarga.

Kita sesama guru memang selalu harus siap tempur walapun dalam keadaan apapun. Bagaimana tidak, tiba-tiba Pandemi melanda dunia, rasa kaget, dan bingung tertuju pada kita. Bagaimana melanjutkan proses pembelajaran. Berkat kegigihan para guru, siap tidak siap, mau tidak mau guru harus bangkit membantu para anak didik untuk terus menerangi dirinya walapun dalam keadaan kegelapan sekalipun. 

Spontanitas para guru mulai bergerak, melakukan perubahan pembelajaran. proses pembelajaran yang mulanya tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh. para guru mulai meningkatkan kompetensinya, dengan mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan penggunaan teknologi.  berbagai komunitas, group-group kecil mulai mengambil aksi dengan melakukan seminar, pelatihan yang berhubungan dengan pembelajaran tanpa hentinya.  

Sudah memasuki bulan ke tujuh, proses pembelajaran jarak jauh dilaksanakan. Para rekan, sahabat guru setiap hari harus terus belajar, bagaimana menyajikan pembelajaran yang bermakna bagi generasinya. Berbagai platform dan virtual di pelajarinya. sehingga dapat disajikan pada anak didiknya.

Mulailah guru merancang sebuah bahan ajar yang akan disajikan kepada anak didik. bagaikan   lego yang berserakan mencari bahan ajar, materi yang ada di internet. Bangumpulkan lego yang berwarna warni, berbagai bentuk, mulai disusun, sehingga menjadi sebuah bagunan yang kokoh, yang berisi berbagai bahan ajar yang sudah siap di hidangkan kepada anak didiknya. 

Satu persatu lego yang sudah disusun akhirnya dapat disajikan, walaupun masih ada di sana sini yang belum bersinergi. Semua itu adalah dalam sebuah proses yang panjang dalam membangun dan merancangnya. tapi para rekan, sahabat guru pelan-pelan dan terus menerus belajar, dan melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat.


Semangat belajar dengan melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat. Wajah-wajah ceria terbersit jelas dimata,tua, muda jiwa semua sama semangatnya begitu atusias., sahabat guru begitu terlihat fress semangat belajar yang tinggi tidak kalah dengan anak didiknya.


Begitu  antusias rekan, sahabat  guru mengikuti " Workshop PGRI Provinsi Riau dengan tema " Guru Hebat Guru Menulis". Wokshop ini diikuti sekitar 460 orang yang tersebar di dua belas kabupaten kota di Provinsi Riau, mulai dari tingkat PAUD, SD, SLTP, SLTA. Worshop ini dilakukan melalui virtual zoom, menghadirkan pemateri yang selalu siap mendampingi, memotivasi sahabat, rekan guru hebat untuk terus berkarya sehingga menghasilkan karya buku, dan artikel ilmiah. . 

Materi yang disajikan dengan tema : Guru Hebat Guru Menulis". inti dalam materi workshop tersebut adalah bagaimana agar para rekan, sahabat guru agar aktif dalam menulis.  Guru harus mengangkat marwah martabat kita sebagai guru untuk terus menggali potensi dirinya. Guru menulis akan menjadi motivasi bagi anak diidk dalam berpikir kritis sehingga menghasilkan  kreatif dan inovatif. Guru menulis dapat meningkatkan literasi untuk terus membaca, mengupdate pengetahuan serta keterampilan guru dalam menambah wawasan, sehingga dapat meningkatkan dan mendesain bahan ajar yang baik. Bahan ajar tersebut akan  disajikan pada anak didik dengan baik. Sesuai perkembangan teknologi guru merupakan sebagai perancang proses pembelajaran bagaimana   menyediakan sumber belajar yang telah didesain oleh guru sesuai perkembanan teknologi sehingga proses pembelajaran terpusat pada anak didik. menulis juga merupakan sebuah warisan bagi anak cucu kita kelak, sebuah goresan sejarah yang memilki arti kelak bagi generasi penerus. Menulis menambah pengetahuan kita dalam penggunaan tata bahasa serta membuka wawasan yang luas. . 

Akhir Wokshop rekan sahabat guru akan melahirkan sebuah karya naskah sebagai awal langkah dalam menumbuh kembangkan budaya menulis bagi rekan, sahabat guru di Provinsi Riau. Guru hebat guru menulis. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar