Minggu, 13 September 2020

Menemukan Ide Lewat Blogwalking

 




Sosok guru Matematika di SMKN 50 Jakarta, yang gemar keliling  negeri, berbagi, inspirasi para guru-guru hebat nusantara yaitu bapak Dedi Dwitagama,   biodata Bapak Dedi Dwitama. Kegiatan dipandu oleh IBu Kanjeng sebagai moderator. 


Bapak Dedi mulai menulis di blog tahun 2005,  blog pertama Bapak Dedi Dwitama selain itu selalu ,mengabadikan moment -moment yang teristimewa setiap kegiatan jalan-jalan dan hobby fotografernya, mempunyai banyak blog lebih kurang 10 blog yang megitu menginpirasi dan motivasi para peserta kegiatan menulis untuk terus menjaga konsisten menulis, kapan saja dimana saja.

 

Alasan kenapa Bapak Dedi Dwitama bertahan menulis di blog adalah karena menulis di blog dapat di jadikan sebagai majalah sendiri, dimana kita mempunyai kebebasan untuk memuat sesuka kita. Dapat di jadikan sebagai alat promosi gratis tentang ide, kegiatan, skill dan lainnya yang selalu diupload ke dalam blog. Akibat semua kegiatan yang selalu di upload ke blog akhirnya mendapat banyak undangan untuk berbagi mulai dari Aceh hingga Papua, bahkan sampai ke beberapa negara di dunia, begitu dahsyatnya keunikan bapak Dedi Dwitama. apa yang dilakukan bapa Dedi Dwitama ketika kehabisan ide untuk menulis, yang dilakukannya adalah blogwalking, lihat-lihat blog teman, sambal membaca info dan akhirnya menjadi asupan gizi literasi. Dengan pribahasa” Gajah mati meninggalkan gading, maka bapak Dedi Dwitagama ingin, kelak walaupun ia tiada maka berbagai tulisannya masih bisa dilacak di google. Ngeblog bisa berbagi kebahagian yang dirasakan serta kebaikan yang bertebaran di dunia maya dan nyata kepada orang ramai.

 

Kegiatan menulis yang dilakukan pada saat istirahat setelah upacara selesai, sebelum jam mengajar,pergantian antar jam mengajar, sebelum pulang sekolah, saat menunggu anak pulang sekolah, menunggu istri belanja, menunggu rapat dimulai, saat pembicara rapat sudah dimengerti intinya, sambal menghilangkan rasa ngantuk maka lakukanlah menulis., apalagi sekarang ini di android sudah ada aplikasi untuk menulis.

 

Saat tidak menemukan ide untuk menulis, maka tulislah sebisa kita, walau hanya satu alinea yang dilengkapi oleh foto, yang tertuang dalam sebuah artikel. https://dedidwitagama.wordpress.com. Pada saat menemukan ide apa yang harus dilakukan bapak Dedi Dwitama adalah dengan membuat jadwal publish beberapa bulan kedepan, sehingga tulisan bisa terbit sesuai jadwalnya.

 

Dalam mememilih platform sebuah blog kita harus melihat dari segi fitur yang tersedia. Semua itu dilihat dari perkembangan teknologi yang terus berkembang, dan betul-betul user friendly bagi user.

 

“Ala biasa karena biasa”, sesuai dengan apa yang di katanya oleh bapak Agus Sampurno bahwa sebuah keunikan akan di undang orang-orang dan ingin bertemu, hal ini juga dapat dirasakan oleh bapak Dedi Dwitama, kata kuncinya adalah mulai lakukan yang kita mau dan siap belajar terus.

Berikut cuplikan Bahasa tegal bapak Dedi Dwitama atas pertanyaan Ibu Nur:

 

“  ...ALooow  Bu Nur, Tegale nangendi tah? inyong suka teh botoool --- hahaha mungkin mboke pernah nonton inyong tampil di tipi? wis beberapa stasiun singa nayangke inyooong, ana ning yutub arsipe --- 1. Awal menulis 2005, pengen mengabarkan kegiatan sekolah, karena publikasi kiran dan majalah di Jakarta larang pisaaaaan, jadi golet sing gratis baeee --- 2. ora nana jadwale, kapan bae arep nulis ya nulis ... tapi kalo banyak stok inyong jadwalke --- 3. Sejak 1994 dikampus, waktu itu sy masih kuliah S1 --- iki foto selfine https://www.instagram.com/p/CBxXZwajXmF/

 

Kesimpulan dari materi ini adalah bagaimana kita dapat melaksanakan segala tugas, kegiatan apa yang kita emban dengan tulus dan sepenuh hati. Jika kita telah melakukannya dengan sepenuh hati maka tanpa kita sadari akan banyak hal yang tak terduga akan terjadi dan membuat kita Bahagia tanpa bertepi. Sama dengan apa yang kita buat diblog dengan ikhlas dan serius terus konsisten dan rutin membuat tulisan, foto, video ata apa saja yang dilakukan dengan serius dan sepenuh hati. Sebuah proses tidak akan pernah menghianati kita, maka mulailah proses menulis tentang apa saja yang kita sukai, walaupun kita tak tau apakah dibaca orang atau tidak (namun kita bisa lihat apakah blog kita disukai orang atau tidak). Jadi teruslah menulis dan menulis sehingga mempunyai berjuta ide dan kreatifitas yang tanpa kita sadari akan dating tanpa di sadari.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar