Senin, 21 September 2020

Cyber pedagogy


Pedagogy didefenisiskan sebagai seni, sains atau profesi mengajar ((Merriam-Webster.com). Žogla (2017) telah menganalisis pentingnya pedagogi sebagai ilmu Pendidikan yang harus , menyajikan perkembangan ilmu pedagogis, yang telah berubah arah dan dipengaruhi eksternal pada proses pembelajaran ke pemahaman tentang sifat kompleks pembelajaran. Mulai dari peserta didik, kebutuhan setiap peserta didik, dan mencari solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik (Žogla, 2017). Seperti gambar berikut:



Interakasi aktif dalam proses pendidikan mulai dari materi pembelajaran, materi ajar digital dalam konteks memberikan isi pembelajaran, alat teknologi meliputi computer,jaringan, dan papan tulis digital dan alat lainnya. Terlihat jelas bagaimana lingkungan belajar yang secara fisik seperti sekolah, dan lingkungan belajar kelas maya. Hal ini terjadi dalam kehiduan kita sehari-hari dengan jejaring social yang merupakan dalam rangkaian jaringan peer to peer, jaringan keluarga serta jaringan social online yang dapat digunakan sebagia sumber belajar dalam membangun pengetahuan. Guru harus dapat menggunakan pengetahuan pedagogy untuk proses belajar mengajar yang berbasis teknologi.

Secara umum pendidikan dianggap sebagai proses skill, dimana pembelajaran yang memberikan inklusi baru, memodifikasi konten pengajaran, mengubah strategis pengajaran, mengembangkan bahan ajar baru, merencanakan kompetensi apa yang harus dibutuhkan di masa depan sesuai dengan lapangan tenaga kerja dan seterusnya.

            Kemajuan teknologi memungkinkan proses pembelajaran secara digitalisasi, sehingga menimbulkan efek dalam proses pendidikan di mana proses pendidikan beroperasi secara mandiri, sehingga dapat terlihat peran pedagogy semakin berkurang, sehingga mempengaruhi kualitas pendidikan. Hal ini disebabkan teknologi menyanyikan konten-konten pembelajaran yang sangat menarik. Guru harus dapat menganalisis informasi tersebut, dan menganalisis resiko dari ketertarikan secara konsepnya. Maka di sini guru harus siap memahami dan mendalami tentang sebuah ilmu Pendidikan berbasis teknologi yaitu cyber pedagogy.

1 komentar: