Minggu, 13 September 2020

Unik Dan Ide



 

Seperti biasa malam ini Om Jay mulai memandu acara kegiatan group menulis 15. Pertama kali Om Jay memperkenalkan seorang juara pertama guru era baru Acer Award yaitu Bapak Agus Sampurno bersamaan dengan  blog http://gurukreatif.wordpress.com, Kegiatan ini akan di pandu oleh Ibu Kanjeng selama lebih kurang dua jam.

 

Kegiatan dalam minggu ini akan diisi oleh tiga orang blogger yang terkenal, sambal tersenyum dengan ciri khasnya Ibu Kanjeng membuka acara kemudian menyapa para guru-guru hebat nusantara group menulis 15.

 

Bapak Agus Sampurno dengan semangatnya menyapa para bapak/ibu guru hebat group menulis 15, tanpa Panjang lebar Pak Agus Sampurno langsung mengajak para penulis untuk berdiskusi dan tentang “ IDE” sebab suatu ide pasti akan memerlukan perencanaan. Contohnya adalah “Jika berketetapan Ingin Berangkat Haji”.  Maka mulailah kita membuat perencanaan dan menulisnya yaitu dimulai dari niat, persiapan ibadah, biaya keberangkatan, kebutuhan yang dibutuhkan, bahkan kita akan mencari tahu bagaimana informasi tentang kegiatan pelaksanaan ibadah haji apa saja yang harus dipersiapkan. Bahkan kita bertanya-tanya pada orang-orang yang telah melaksanakan ibadah haji. Maka rasa ingin tahulah sehingga kita terus menggali informasi, seperti itu juga dalam hal menulis, terus dan terus menulis dimana saja dan kapan saja, ya seperti orang yang lagi jatuh cinta dehh.

 

 



Pak Agus Sempurno berkata “ TULISAN SEPERTI LEGO” tulisan akan tampak baik, rapi, bagus dan gagah serta kokoh seperti bangunan, jika kita menulis dengan rasa, cinta  sepenuh hati, maka akan dapat menginspirasi banyak orang dan penuh makna bagi orang lain.

 

Sekarang ini internet sangat menghargai orang-orang yang mempunyai keunikan atau minat yang tidak jelas. Penulis online di blog dapat membantu menemukan orang-orang yang mempunyai pikiran yang sama dan tidak akan dapat ditemui di dunia nyata. Ada beberapa hal yang membuat orang menulis,

 

Think-for-Yourself Academic (seseorang pintar berbakat dan terobsesi dengan pengetahuan tertentu). Orang yang mempunyai minat ini akan jadi penantang akademis, dan sering menantang ide-ide baru.  Internet itu tidak memerlukan izin dan peer reviewer sebelum kita menerbitkan pekerjaan.

Seorang pengusaha atau pebisnis lebih memproritaskan pembeli atau audies. Yang salama ini dilakukan sebelum adanya audiens. Sebuah usaha itu akan membuat produk sebelum melakukan audiens, namun yang terjadi sekarang ini malah sebaliknya. Sehingga membangun bisnis itu sangat mudah, sebab kita telah memilki audiens.

 

Banyak karyawan yang diremehkan, karena tidak bias menerima ide-ide baru, dan bahkan pasar meragukan keterampilan yang kita miliki, karena kita tidak bisa menunjukkan kompetensi yang kita miliki. Dari hal ini maka kita harus buktikan bahwa kita punya kompetensi dan keunikan dengan cara menulis online.

 

The Deep Thinker kita menulis secara online, kita akan dapat mepertajam pemikiran kita, dengan ide-ide yang ada dalam benak kita, halaman yang kosong penuh dengan kata-kata, sehingga dapat meperkaya ide-ide yang baru dan keunikannya.

 

Sehingga dapat dikatakan bahwa jika seseorang yang memiliki pemiran yang unik, dengan ide-ide dan pemiran yang sama dengan menulis online maka anda akan banyak dikunjungi oleh orang, sehingga begitu antusiasnya dan ingin tahunya sehingga banyak yang ingin bertemu langsung, dan obrolan-obrolan baik melalui video dan lainnya, intinya membuat kepo para permirsa atas keunikan dan ide-ide yang Anda keluarkan, dengan sendirinya akan menjadi seorang yang intelektual.

 

Ada yang dikatanya seseorang itu The Job Hunter, yaitu si pencari kerja atau order, dimana di dalam blognya lebih banyak berisi tentang CV , yang berisi komitmen, ketekunan dan kaingin tahuan sehingga dapat mencuri perhatian para perusahaan terbaik, agar dapat di rekrut dan di terima di perusahaannya.

 

Melalui menulis online secara tidak langsung kita mendemostrasikan kompetensi  dan keahlian dengan keunikan yang kita miliki sehingga memilki daya Tarik tersendiri.

 

Pada kesempatan itu Pak Agus Sampurno mengajak para group menulis 15 untuk mengurai sebuah ide yang akan menjadi sebuah tulisan dengan membagikan sebuah lin:

https://jamboard.google.com/d/1AsgaSBnpe_gmiKUTp4WA15fBV1r_YWfL4wXGIHoJmdQ/edit?usp=sharing,

Namun saya sekali tidak bisa mengikuti kemungkinan karena sinyal atau apa, sehingga hanya mendengar informasi saja. Dalam sebuah piramida, yang harus dibuat sebuah ide pokok tulisan dan akan diturunkan kebawah dengan data atau informasi pendukung yang dikembangkan dari ide pokok sehingga akan menghasilkan enam buah bab.

 

Dalam menulis blog yang utamanya adalah harus dapat mengembangkan tulisan yang berasal dari ide pokok yang sangat sederhana. Contoh: ide yang diangkat adalah Pembelajaran jarak jauh. Maka harus menulis tentang pembelajaran jarak jauh, yang dikupas sampai tuntas. Menulis dalam blog itu bebas, mau tulisan lama atau baru sebab blog pribadi milik kita sendiri, anggap sajalah blog itu catatan elektronik kita.

 

Dalam sesi terakhir mencari ide itu sangat mudah ditemukan, yang sangat sulit itu bagaimana kita dapat mengeksekusi sebuah Tulisan yang dikemas, dan di hidangkan menjadi sebuah tulisan yang menarik dan bisa di nikmati oleh orang lain, namun semua itu adalah sebuah proses. Dalam mencari ide akan banyak yang akan jadi pemicu yang berujung pada terbitnya sebuah tulisan.

 

Trends menulis pada masa pandemi sekarang ini adalah pembelajaran jarak jauh, hal ini dapat dilihat dari beberapa perspektif, yaitu:

1. Perspektikf sebagai penulis dimana dirinya merasa sukses, bagaimana ia telah mampu melaksanakan proses pembelajaran online, mulai dari awal proses pembelajaran, apa yang harus dilakukannya, segala kegiatannya selama pembelajaran jarak jauh, namun kebanyak orang lupa bahwa tidak semua proses pembelajaran jarak jauh itu berjalan dengan baik, masih banyak di belahan bumi yang merasakan begitu sulitnya menerapkan proses pembelajaran jarak jauh, mungkin berbagai faktor atau kendala.

2. Perspektif sebagai pendidik dimana kebanyak orang tua kurang sigap dan tangap mendampingi ankanya dalam proses pemeblajaran jarak jauh.

3. Perspektif Pendidikan yang sebagian mencoba mencari jalan keluar berdasarkan pengalaman, dengan memberikan saran-saran, pertimbangan, tips dan trik bai kedua belah pihak, guru dan orang tua bagaimana solusi yang terbaik dalam menghadapi pelaksanaan permbelajaran jarak jauh.

 

 

 

Ide akan lahir dari diri kita sendiri, sebab kebanyak orang lebih suka mencari sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan dirinya sendiri. Hal ini merupakan hal yang biasa bagi penulis pemula, mulai dari yang mudah, yang dialami. Jika kita menulis namun ide yang akan kita tulis sudah tertuang dalam tulisan orang lain, maka langkah yang harus kita ambil adalah dengan melakukan ATM (Amati Tiru dan Modifikasi).

 

Untuk memberi  “roh” pada sebuah tulisan bagi penulis adalah bagaimana kita agar dapat merangkung dari tulisan yang berlembar-lembar tersebut menjadi sebuah tulisan yang menarik dan diminati oleh orang lain sehingga menghasilkan sebuah tema yang besar.

 

Dalam menulis untuk mendapatkan sebuah tanggapan, kita harus dapat membangun kosinsten menulis dengan ide-ide di blog yang mempunyai topik yang dikuasai, bisa saja kita melakukan riset kecil-kecilan di google, kemudian tampilkan tulisan dengan berbagai solusi dari sebuah masalah, sebab tulislah apa yang membuat Anda nyaman dan kuasai.

 

Kesimpulan dari kegiatan menulis group 15 bersama bapak Agus Sumparno.

1.   Berbagilah hal yang anda ingin orang lain ketahui, tidak perlu menunggu sampai ahli, semua itu adalah sebuah proses yang sedang dijalani.

2.   Jika terus menerus menekuni suatu hal yang sama dan fokus maka itu akan menjadi brand atau reputasi.

 

Begitu menginspirasi dan menariknya paparan yang disampaikan oleh bapak Agus Sampurno, membuat para penulis untuk terus menulis dan mencari keunikan masing-masing pada diri masing-masing. Secara ilmu Pendidikan juga dikatakan bahwa setiap orang itu memiliki keunikan masing-masing. Marilah kita cari keunikan masing-masing sehingga menghasilkan ide-ide yang dapat dikembangkan menjadi sebuah pemikiran, inspirasi bagi orang lain.

 

9 komentar: